PRODUCT (jenis Kayu

KAYU TREMBESI/SUAR/MEH

 

Berat Jenis Kayu

Trembesi adalah kayu yang berat dengan berat jenis kayu rata rata sekitar 0,6.

Manfaat Kayu Trembesi

Khusus sebagai bahan baku mebel, trembesi sangat disukai karena ketersediaannya dalam ukuran besar. Hal ini menyebabkan furniture trembesi hadir dengan ketebalan yang membuatnya tampak sangat kokoh dan menawan.

JAWA LIGHT WALNUT

 

Ciri Ciri  :

Secara fisik sengon tekek memiliki kedekatan dengan sengon laut, hanya saja yang membedakan adalah warna batang pada bagian ujung-ujungnya ( ranting ) berwarna coklat kemerahan-merahan. Bentuk dan ukuran batang serta pertumbuhannya sama dengan sengon laut. Kayunya lebih keras dari sengon buto.

KAYU MANGGA

 

Ciri-ciri :

  1. Kayu mangga warnanya putih kekuningan, punya serat dengan karakter yang kuat dan bagus polanya. salah satu keistimewaan serat kayu mangga adalah pola curly atau keriting. Kulitnya tebal dan kasar.
  2. Kayu nya cukup keras dan ulet dengan serat yang padat, meskipun tidak sekeras dan sekuat kayu jati, namun lebih mirip kayu mahoni. Banyak dipakai untuk bahan pintu karena cukup kuat. Pohon mangga berperawakan besar, dapat mencapai tinggi hingga 30 m atau lebih, meski kebanyakan mangga pekarangan hanya sekitar 15 m atau kurang.
  3. Kayu mangga juga punya kandungan getah yang minim, jadi dia bisa menerima lapisan finishing cat duco atau warna solid dengan baik. Tentu selama prosedur pengeringannya juga baik. 

Keunggulan

  1. Dapat tumbuh dengan cepat, sehingga lebih ramah lingkungan
  2. Kayu mangga biasanya ditebang kalau sudah tidak ada buahnya.
  3. Mempunyai banyak serat yang menarik dibuat furniture rustic atau industrial.
  4. Mudah difinishing maupun di cat duo
  5. Kayunya lebih murah

KAYU DURIAN

Sifat

Umumnya kayu durian dimanfaatkan untuk pembuatan peralatan rumah tangga, bahan pengemasan, dan juga konstruksi ringan karena mudah dipotong dan dibentuk.

Warna

Kayu teras berwarna merah, merah jambu/coklat-merah. Kayu gubal berwarna putih dan dapat dibedakan dengan jelas dari kayu teras, tebal sampai 5 cm.

Tekstur

Tekstur kayu durian relatif kasar dan dengan arah serat lurus dan terkadang berpadu. Kayu pohon durian memiliki kesan raba permukaan licin serta berat jenis antara 0,42 hingga 0,91 (rata-rata 0,64).

 

KAYU ASAM/TAMARIN

Ciri- ciri :

Karakter dari kayu asem yang memiliki garis-garis yang searah keatas dengan berlubang kecil, selain itu memiliki karakter yang sangat keras,apalagi jika kayu asem ini ditebang pada umur yang sudah cukup tua hingga ratusan tahun.

Warna dari kayu asem apabila ditebang dan juga diproses akan memiliki warna yang lebih gelap. Kayu asem merupakan kayu dari pohon asem yang dapat tumbuh besar dan tinggi dengan batang kayu yang bercabang-cabang. Kayu Asam merupakan salah satu jenis kayu yang langka.